• MTsN 2 KEDIRI

SELAMAT DATANG DI WEBSITE MTsN 2 KEDIRI

DESIMINASI BIMTEK IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA




Kab. Kediri, MTsN 2 Kediri. Rangkaian persiapan pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka di madrasah Tsanawiyah negeri 2 Kediri terus berjalan dan dilaksanakan secara berkesinambungan. Rabu, 27 Juli 2022 di salah satu ruang pertemuan madrasah, diselenggarakan diseminasi bimbingan teknis persiapan implementasi kurikulum merdeka pada madrasah yang menghadirkan kepala madrasah dan wakil kepala madrasah bidang kurikulum dari madrasah swasta yang menjadi anggota KKM MTS negeri 2 Kediri. Dengan diikuti oleh 9 madrasah dan peserta diseminasi berjumlah 18 orang, kegiatan itu diisi dengan penjelasan terkait perubahan kurikulum.

 

Kepala madrasah Tsanawiyah negeri 2 Kediri, Jamiluddin dalam sambutannya, sekaligus menjadi narasumber dalam diseminasi menyampaikan bahwa perubahan kurikkurikulum adalah keniscayaan dalam rangka menghadapi perubahan dan dinamika kehidupan masyarakat yang salah satunya berupa megatren yang sekarang menjadi fenomena dalam kehidupan masyarakat. Hal ini harus dijawab oleh madrasah salah satunya berupa dinamika perubahan kurikulum dalam mengembangkan pendidikan di madrasah. Pada kesempatan itu juga pengawas madrasah kementerian agama kabupaten Kediri Sabilal Rosad, menyampaikan bahwa pelaksanaan perubahan kurikulum harus dijalankan sesuai dengan aturan yang berlaku. Dalam kesempatan itu juga pengawas madrasah Tsanawiyah negeri 2 menyampaikan seperangkat kurikulum yang harus disiapkan dimulai dari pelaksanaan bimbingan teknis implementasi kurikulum, penyusunan kurikulum operasional madrasah, kegiatan pembelajaran dan asesmen, proyek penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin harus disusun sebagai langkah dalam melaksanakan kurikulum merdeka terutama bagi madrasah Tsanawiyah negeri 2 Kediri yang menjadi lembaga pendidikan pilothing kurikulum merdeka.

 

Dalam kesempatan itu juga dipaparkan penjelasan mengenai kebijakan kurikulum, penentuan konsep kurikulum, model kegiatan pembelajaran, dan juga cara menganalisis dari capaian pembelajaran dibuat menjadi tujuan pembelajaran kemudian alur tujuan pembelajaran dan disusun modul ajar atau rencana pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Meskipun dari beberapa orang yang mengikuti bimtek sudah menyampaikan tetapi dalam forum diseminasi itu terbuka kesempatan untuk saling belajar bersama mengingat kurikulum merdeka adalah kurikulum baru yang dalam tahap implementasi.



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas